Rabu, 14 Desember 2011 | By: roiputra

Menambahkan editor tambahan CKEditor di Joomla


Seperti diketahui joomla artikel manajer memiliki WYSIWYG editor default atau bawaan joomla itu sendiri. Untuk kebanyakan pengguna, editor standar itu sudahlah cukup memadai. Namun, bisa saja kita menambahkan editor tambahan CKEditor di Joomla yang memiliki banyak fitur yang tidak ada dalam editor standar tersebut. So, dalam artikel ini, saya akan mencatat bagaimana cara menambahkan FCK Editor (sekarang CKeditor) dengan Joomla.
CKEditor untuk Joomla merupakan komponen Open Source yang memungkinkan editor tingkat lanjut pada CMS kita. CKEditor adalah sebuah editor teks online kaya yang dapat ditambahkan didalam editor cms halaman web. CKeditor adalah WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) editor yang berarti bahwa teks diedit di dalamnya tampak semirip mungkin oleh pengunjung web setelah dokumen akan dipublikasikan. CKEditor disediakan oleh CKSource, perusahaan yang menciptakan CKEditor dan CKFinder. Tidak dibutuhkan pendaftaran untuk men-download dan komponen bebas untuk digunakan. Fitur-fiturnya antara lain: file browser dengan ajax canggih, - pengaturan (setting) dengan banyak pilihan konfigurasi untuk menyesuaikan CKEditor dengan kebutuhan Anda, - Link Browser - sebuah plugin yang didedikasikan untuk Joomla, antarmuka multibahasa, dukungan RTL, Paste dari Word, dan semua fitur keren lainnya yang tersedia di CKEditor.

Extension ini dapat didownload di http://joomlacode.org/gf/project/ckeditor/frs/ . Install seperti pemasangan extension lainnya di Joomla. Untuk versi Joomla 1.5 plugin akan otomotis terpasang dan enable. Selanjutnya  mengubah settingan default editor pada bagian Site - Global Configuration - Default WYSIWYG Editor - Pilih CKEeditor. Kemudian ubah editor masing-masing user di User manager - pilih user yang akan diganti default text editornya - CKEditor. Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar