Minggu, 25 Maret 2012 | By: roiputra

Pengertian sederhana Phrase-to-Broad Ratio (PBR) dalam mencari kata kunci

PBR adalah rasio (perbandingan) phrase terhadap broad (Phrase-to-Broad Ratio). Jika dibuat persamaan sederhana mungkin seperti ini : PBR = (phrase-match / broad-match) x 100 %. Nilai PBR yang rendah mengindikasikan bahwa frase yang kita pilih mungkin kurang tepat (perlu dipertimbangkan atau ditelaah kembali). Atau angka tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa frase yang kita pilih kurang lengkap atau tidak cocok susuanan frasenya seperti yang di cari oleh orang-orang.
Kutipan penjelasan tentang PBR yang sederhana dalam bentuk contoh (yang masih bisa diterima oleh saya yang pemula ini) yaitu :
Jika kita menguji frase dua kata, contoh : obat jerawat. Dan kita diperlihatkan angkat PBR sebesar 67%, ini berarti bahwa sepertiga dari ungkapan/frase yang LENGKAP mungkin hilang. Dengan kata lain, PBR 67% berarti bahwa orang bukan hanya mencari "obat jerawat" tetapi mencari "obat jerawat alami" atau "obat jerawat ampuh", atau bentuk lainnya. (Malah mungkin yang paling ramai "obat jerawat gratis" he he). Jadi ternyata menurut saya PBR cukup vital dalam mempelajari "kata kunci" dalam hal menghindari bias dalam memilih kata kunci.

Semakin kecil nilai PBR, kata kunci yang kita pilih semakin jauh dari "sasaran". Jika kita mendapatkan kata kunci yang hanya memiliki PBR 33%, orang-orang mungkin tidak menggunakan kata kunci tersebut (dengan sebab: mungkin ditambah kata lain atau permutasi dari kata-kata penyusun frase tsb).

Ya... begitu catatan kecil saya tentang PBR..masih belum ngeh banget sich dengan implementasinya, namun ada gambaran sedikit bahwa PBR itu bukan Partai Bint*** Refor**** xi xi xi tapi istilah untuk rasio kesesuaian dalam menganalisa kata kunci. Secara singkat semakin besar PBR ada indikasi kuat bahwa kata kunci yang kita pilih adalah baik (bernilai) karena "TEPAT" yang dicari oleh pengguna search engine.


0 komentar:

Posting Komentar