Sabtu, 10 Desember 2011 | By: roiputra

Install program tambahan di distro linux blankon pattimura sajadah

Huff... melelahkan juga install blankon baru ini, pattimura sajadah. Sebenarnya bukan update terbaru sich, tp lumayan.. menurut saya, blankon adalah distro ternyaman bagi saya yang basically pengguna windows dibandingkan dengan beberapa distro linux lainnya yang pernah saya coba. Melelahkan karena pengetahuan yang kurang di linux pastinya he he, sedangkan secara spesifik karena kesulitan mendiagnosa kenapa gnome tidak mau tampil jika dihubungkan dengan tv lcd 40" yang kebetulan baru dipasang dan ditandatangani surat hutangnya xi xi xi - maksudnya untuk nonton film dan tutorial hasil dowload kalau pas pulang dari kantor.. ) tetapi jika dihubungkan dengan layar CRT, maka akan normal-normal saja..Eh melancong jauh nich dari judul ya.. Install program tambahan di distro linux blankon pattimura sajadah, yang dibahas lain he he

Permasalahan di gnome atau desktop untuk linux biasanya adalah driver vga yang tidak compatible , terutama dengan Nvidia (saya lihat card vganya adalah gforce mx400 he he jadul banget ya). Setelah kutak kutik belum ketemu solusinya (solusi yang masuk akal adalah dengan uninstall driver nvidia yang ada dan install driver hasil download dari situs resmi nvidia). Akhirnya saya coba ganti aja vganya dengan vga second lainnya walaupun masih dari nvidia, yaitu gforce fx5500, Ehh langsung terdeteksi dan makyuss .. I like this blankon... Urusan vga lama nanti dulu ah...

Secara umum saya tetap puas dengan tampilan dan program bawaan dari distro ini. Namun, tentunya masih memerlukan beberapa program tambahan sesuai kebutuhan saya. So, saatnya install program tambahannya untuk melengkapi blankon Pattimura sajadah ini satu persatu dan akan saya catat di artikel ini agar saya tidak lupa :

1. Install Jdownloader, karena ingin punya downloader yang bisa seperti IDM, petunjuknya saya dapat dari Wajatmaka, adapun langkah-langkahnya adalah :
  • Buka terminal/ console  dan kemudian eksekusi perintah berikut :
  • sudo apt-add-repository ppa:jd-team/jdownloader
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install jdownloader
Setelah Jdownloader terinstall, anda bisa mengakses JDownloader malalui menu Applications >> Internet >> JDwonloader , dan Jdownloader akan mengupdate otomatis program tersebut.

Oh iya Mr. Wajatmaka memberi petunjuk tambahan tentang manajemen download dengan wget dan Prozilla yang digabungkan dengan apt-fast dan flasgot, nanti kita cari-cari petunjuknya.

2. Install flashplayer pada browser,  perintahnya : sudo apt-get install flashplugin-nonfree, tunggu sampai dengan proses di terminal selesai. Langkah terakhir adalah restart browser kita.

0 komentar:

Posting Komentar