Selasa, 20 Desember 2011 | By: roiputra

Catatan penyuntingan bahasa komponen autostand

Komponen joomla autostand masih memerlukan banyak penyuntingan agar fungsinya sebagai bagian dari toko atau galeri penjulan mobil dapat sesuai dengan negara atau kondisi tertentu. Salah satu penyuntingan autostand yang penting adalah di bagian bahasa. Backend atau administrator komponen autostand 2.6  menyediakan fasilitas penyuntingan bahasa. Baik bahasa untuk frontend (yang dilihat oleh pengunjung web) ataupun bahasa di backend untuk admin autostand atau pengiklan yang kita beri hak untuk mengisi sendiri galerinya.

Teknik yang digunakan dalam menyunting bahasa di autostand adalah mengubah istilah di sebelah kanan tanda = sesuai dengan istilah dalam bahasa kita. contohnya, kita menyunting category = category menjadi category = kategori. Saya pikir fasilitas ini lumayan memudahkan pengguna autostand dari negara yang bahasanya belum didukung oleh autostand. Walaupun ada beberapa istilah/frase yang agak sulit disamakan dengan bahasa indonesia yang semata-mata adalah karena kemampuan bahasa inggris saya yang lumayan buruk he he.

Selain mengedit langsung dari control panel autostand, bahasa dapat diedit langsung dengan teks editor atau php editor. File yang perlu diedit untuk frontend adalah file en-GB.com_autostand.ini yang ada di /www/language/en-GB, sedangkan untuk backend file yang sama dapat diedit di /www/administrator/language/en-GB. Sebaiknya di backup dulu dengan cara download ke media lokal kita - siapa tempe ada salah sunting, jurus restore bisa digunakan.

Setelah penyuntingan di bagian bahasa, sepertinya juga diperlukan penyuntingan di bagian helper.php, yang akan dipelajari dulu pelan-pelan (kapan selesainya om ???? Pelan melulu). Btw ternyata sudah 6 hari, tidak pernah menulis sesuatu yang dipelajari. Semangat ....




0 komentar:

Posting Komentar