Jumat, 07 Februari 2014 | By: roiputra

Rp 600 Juta Sehari untuk Pembuat "Flappy Bird" - Game dari Vietnam

Menurut media kompas, game Flappy Bird saat ini sedang ramai dibicarakan di media sosial dan media massa. Popularitasnya mendadak naik daun, padahal game ini telah diluncurkan sejak Mei 2013. Pembuat "Flappy Bird" Raup Rp 600 Juta Sehari. Perhari kawan !!. Siapakah gerangan yang membuatnya?

Flappy Bird dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird di bawah bendera. Gears Studio (dotGears Studio). Pria ini mengerjakan pemrograman Flappy Bird sepulang kantor.


Dong mengatakan, ia adalah satu-satunya orang di Gears Studio. "Gears bukan perusahaan. Ini hanya diriku seorang, tapi aku harus menggunakan istilah 'kami' untuk mempersiapkan perubahan di masa depan," katanya.

Dalam wawancara dengan TechCrunch, Dong mengatakan bahwa ia telah membuat game sejak empat tahun lalu. Sebagian besar bernuansa era 8-bit, kebanyakan adalah game arcade yang hanya membutuhkan waktu singkat dalam memainkannya.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Rabu (5/2/2014), developer Don Nguyen mengatakan bahwa game yang kini menjadi aplikasi terlaris di App Store dan Google Play Store tersebut memiliki pendapatan 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) per hari.

Pendapatan tersebut berasal dari iklan yang ditampilkan di layar saat game Flappy Bird dimainkan.

Flappy Bird adalah game gratis yang hanya mengandalkan metode in-app ads, bukan in-app purchase yang mengharuskan pengguna membeli untuk mengakses fitur tertentu. Iklan yang ditampilkan pun tidak mengganggu atau mengurangi pengalaman bermain.

Nguyen pun tidak berencana untuk mengubahnya. "Flappy Bird sudah sampai pada tahap di mana jika sesuatu ditambahkan ke dalamnya, maka segalanya akan berbeda," terang Nguyen.

"Jadi, saya akan tetap membiarkannya seperti apa adanya saat ini," imbuh pria yang mengerjakan pemrograman Flappy Bird sepulang kantor ini.

Walau belum bisa bersanding dengan Candy Crush Saga yang mengumpulkan 850.000 dollar AS per harinya, sebagai game nonfreemium yang baru diunggah pada Mei 2013 dan update terakhir pada September, prestasi Flappy Bird tetap mengesankan karena bisa bertahan di jajaran atas game selama berbulan-bulan.

Pelajarannya mungkin, ketika kita mempunyai cita-cita dan tidak berhenti belajar dan berproduksi kreatif. 600juta perhari untuk pekerjaan yang dilakukan sepulang kantor. Atau lihat Vietnam, negeri yang hancur-hancuran dalam 20 tahun bisa bangkit. Dengar kasus impor beras yang sedang marak dihubungkan Gita, Vietnam. Produksi mereka luar biasa.. Ayo semangat belajar dan berproduksi.

0 komentar:

Posting Komentar