Jumat, 08 November 2013 | By: roiputra

The rise of Islam - lahirnya islam dari urutan waktu - dari sisi pemain AOE II


The rise of Islam - lahirnya islam dari urutan waktu, saya tulis diawali dengan secara tidak sengaja mendownload ebook : fifty events you really need to know world history by Ian Crofton. Wah... menarik juga, tonggak-tonggak dari zaman awal pertanian sampai dengan zaman modern. Salah satu babnya adalah "the rise of Islam".

Saya sendiri sebagai penganut Islam yang ilmu pengetahuan sejarah Islamnya cetek mencoba mencatat untuk diri saya sendiri. Dan siapa tau berguna untuk orang lain. Saya juga berharap artikel ini akan terus direvisi atau dikembangkan untuk pengetahuan saya sendiri mini
O iya, jangan berharap terlalu banyak mendapat ilmu yang baik dari posting ini. Karena ngartiinnya juga pake google translate nich, judul babnya Lahirnya Islam - Ekspansi yang cepat dari fenomena agama dan politik baru.

Dibuku ini, patokannya waktu adalah century artinya yang dipakai juga penanggalan yang nasional di Indonesia. Jadi lebih mudah ya. Oh iya, kalau saya italic artinya saya coba menghubungkannya dengan pengetahuan saya sendiri.

1. 570 Kelahiran Nabi Muhammad. 
Awalnya saya mengartikan 570 tahun setelah kelahiran Isa. <-- gak begitu ternyata menghitungnya he he. Dangkal banget ilmu saya selama ini kalau sekarang 2013 artinya 2013 tahun lahirnya Isa AS. Disini harusnya diartikan 2013 tahun setelah bangsa Romawi (Yulius Cesar) menetapkan sebuah kalendar. Nabi Muhammad lahir di Mekah - sebuah kota di Semenanjung Arab 570an tahun setelah KEJAYAAN ROMAWI dan setelah 530an tahun setelah kelahiran Nabi Isa AS di Bethlehem - sebuah kota di Timur Tengah. Atau secara gampang setengah abad setelah agama Kristen diajarkan oleh Isa AS.

2. 610 Mohammed mulai menerima wahyu. 
Umur 40 tahun menerima wahyu di Mekah.

3. 622 Mohammed diasingkan dari Mekah. 
Nah setelah 12 tahun berdakwah awal di Mekah, atau di umur 52 tahun berpindah ke Medinah. Dikenal sebagai sebagai Hijrah - Penanggalan Islam. 

Jika saat ini 2013, maka hijriahnya 2013-622 = 1391 eh gak cocok ya 1434 lihat di kalendar. Selisihnya 43 tahun, kenapa ya? nanti dah di cari tahu.... ada link bagus yang bisa memperjelas http://lelitkj.wordpress.com/2011/12/30/perbedaan-tahun-masehi-dan-hijriah/, artinya bisa jadi bukan 
570 tahun kelahiran Isa Al Masih, tetapi 530an tahun setelah Isa AS. Nantilah di posting di artikel lain aja deh.. kalau sudah paham. 

4. 630-50 Saudi, Mesir , Suriah , Mesopotamia dan Persia semua tunduk di bawah pemerintahan Muslim. 
Kalau tidak salah Mesopotamia itu Irak dan Persia itu Iran. 

5. 632 Kematian Mohammed. 
Meninggal pada umur 62 tahun, atau setelah 22 tahun berdakwah. 

Hanya 22 tahun berdakwah Islam telah menyapu Timur Tengah secara keseluruhan. Wajar di sebut oleh buku tersebut ekspansi yang cepat dari fenomena agama dan politik baru. Semenanjung Arabia, mesopotamia (Irak), Persia (Iran) in just 22 years, wilayah yang luas.

6. 661 Pembunuhan Khalifah Ali,  Menantu nabi Mohammed. 
Sepertinya dari sini timbul aliran Syiah. Terjadi 29 tahun setelah Nabi Meninggal. Khalifah ke-3. Nantilah di perdalam he he.. 

7. 661-750 Dinasti khalifah Bani Umayyah, yang berbasis di Damaskus. 
Saat ini ibukota Negara Suriah. Ibukota ke khalifahan berpindah ya..? Dari Mekah (atau dari Bahgdad ya?) ke Damaskus atau disebut juga Negeri Syam, sekarang terkenalnya SURIAH (lagi perang .... ). 

Ingetnya dulu pelajarannya, Nabi ikut pamannya berdagang ke Negeri Syam. Artinya Syam itu seperti Hongkong atau Singapura kali ya.. pusat bertemunya pedagang-pedagang sekitarnya. 

8. 674-8 Arab mengepung Konstantinopel.
Kalau tidak salah Konstantinopel itu adalah ibukota Romawi di bagian Timur. Kalau dari bahasanya Romawi artinya ya mungkin pusatnya di ROMA... Julius Cesar dah yang di inget, artinya kekuasaan / ibukota penguasa Eropa. Ngapain di kepung-kepung ya??Susah lewat kali ya... Jika konstatinopel dikuasai maka penyebaran agama Islam akan masuk ke Eropa (Romawi)

9. 711 invasi Moor ke Spanyol. 
Tentara Arab mengalahkan Provinsi Sind di lembah Indus. 

Mungkin maksudnya adalah Hisdustan. Penyebaran Islam ke Timur,artinya daerah-daerah pakistan dan India. Kalau bangsa Moor adalah bangsa arab yang tinggal di Afrika Utara. secara gampang ada negara Maroko/ Morocco.

JIka di baca lebih lanjut, ternyata bangsa arab itu ternyata luas juga ya.. Tidak hanya semenanjung Arabia saja, tetapi Semenanjung arabia ditambah dengan Afrika Utara. 

Kalau satu bangsa artinya kebiasaan-kebiasaannya sama. Dan Afrika Utara itu deket banget ternyata dengan Eropa terutama Spayol. 

Jadi perluasan Islam ke Eropa sepertinya ditempuh dengan 3 jalan. 1. Spayol - melalui Afrika Utara
2. Turki / Konstatinopel (KEKAISARAN ROMAWI) - Menuju Eropa Timur (Bulgaria / Makedonia / Yunani). Pantas kalau tidak salah ingat Kroasia (deketan Serbia) adalah populasi muslim.
3. Dan melalui Iran utara atau dulu Persia Utara yaitu TURKMENISTAN - Armenia dan Azerbaijan yang terhadang oleh KEKAISARAN RUSIA (Tsar).

Dan lebih cepat lewat Spayol karena jalan pembukanya melalui Turki dihadang oleh Konstantinopel (Ibukota Romawi di Timur) dan 711 atau 101 tahun setelah wahyu pertama, kekuasaan Islam memasuki Eropa yaitu : SPAYOL.


10. 717-18 Pengepungan Arab II terhadap Konstantinopel.

11. 750-1258 Dinasti khalifah Abbasiyah, yang berbasis di Baghdad. 
Nah pindah ke Irak artinya setelah dari Damaskus. 

12. 945 Buwaihi dari Persia utara merebut kekuasaan politik di Baghdad. 
Nah siapa lagi ini belum ngerti. 

13. 969-1171 Dinasti khalifah Fatimiyah, yang berbasis di Kairo. 
Nah siapa lagi ini belum ngerti ceritanya seperti apa?. 

14. 1040-an Seljuk Turki menyapu lewat Timur Tengah. 
Nah siapa lagi ini belum ngerti. 

15. 1071 Seljuk mengalahkan Bizantium di Manzikert.
Yang pasti Bizantium adalah penganut kristiani. Banyak belum tau... di AOE ada nih negara byzantium atau nama lain dari Konstatinopel kah? Ada yang menyatakan Byzantine empire are the same the Roman empire(Eastern Roman Empire.

16. 1099 Tentara Salib merebut Yerusalem dan mendirikan negara di Suriah dan Palestina.

17. 1187 Sultan Saladin merebut kembali Yerusalem dari Tentara Salib.

18. 1206 Pembentukan kesultanan Islam Delhi di India.

19. 1219 Genghis Khan mulai serangan Mongol di Timur Tengah. 

20. 1250 Mameluke (budak prajurit turki) merebut kekuasaan di Mesir.
Nah ini inget tentara ini kalau maen game AOE II. Naek unta lempar-lempar golok.

21. 1258 Mongol menguasai Baghdad, kekhalifahan Abbasiyah berakhir.

22. 1260 Mameluke mengalahkan Mongol di Ain Jalut. http://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Ain_Jalut link bagus untuk  menjelasakan. Sekilas lokasi di Palestina.

1300 Fondasi pertama negara Turki Utsmani. 
Ottoman kalau terkenal bahasa bulenya.

Kesimpulan sementara saya, games Age of Empire II adalah games yang diciptakan salah satunya untuk menggambarkan pergesekkan kekaisaran di muka bumi ini pada 1000an masehi. Walaupun sudah gak pernah maen lagi bareng-bareng online karena dimusuhin istri (mengabaikan he he), game ini sedikit banyak memberi gambaran hubungan antara perkembangan Islam di tengah perkembangan agama / budaya lainnya di belahan bumi lainnya.

Demikian The rise of Islam - lahirnya islam dari urutan waktu. Pastinya mohon maaf jika masih banyak yang kurang, namanya juga cuma ngartiinya sedikit-sedikit dari pada tidak sama sekali. Mudah-mudahan awal yang baik untuk pertanyaan-pertanyaan saya agar lebih mengenal agama yang saya anut seumur hidup.

0 komentar:

Posting Komentar