Rabu, 16 Mei 2012 | By: roiputra

Pentingkah tampil di halaman pertama search engine

Review sedikit menjelang long weekend. Pentingkah tampil di halaman pertama search engine? mungkin jawabannya TERGANTUNG. Kalau hanya untuk catatan-catatan pribadi yang tidak mempunyai nilai atau tujuan komersial, seperti blog ini. Mungkin tidak penting tampil di halaman pertama search engine. Selain itu gimana mau masuk  SERP halaman 1 tulisannya gak mutu dan gak SEO (he he).

Tetapi jika untuk mencari sesuap nasi dari internet, masih penting sepertinya untuk dapat tampil di halaman satu. Kenapa? karena eh karena, search engine masih memegang perang penting dalam dunia internet. "Googling aja" anjuran itu masih sering terlontar jika kita tidak tau sesuatu atau kita membutuhkan sesuatu.

OK. Kita tilik lebih dalam lagi. Jika kita asumsikan web ada tujuan komersial, anggap-anggap web itu toko saja.

Ada orang datang (analogikan bisa fisik orangnya, telponnya/suaranya, atau kata-katanya (surat-email-chat, dan bentuk lain) --> ada calon pembeli..

So, jika tidak ada orang datang --> tidak ada calon pembeli.


Nah kalau tidak tampil dihalaman pertama search engine, peluang orang berkunjung ke toko kita mengecil. Kata-katanya, 80% akan dimasuki oleh pencari untuk SERP No 1, dan sisanya untuk halaman lainnya. "wah... wah". Kalau ada jutaan halaman (analogi: toko) lainnya, ya nasibnya rebutan remah-remah sisanya.

Seperti hukum harta di dunia ini ya... 80% dikuasai oleh 10% orang dan 20% hartanya diperebutkan oleh 20%.

Oh iya, apa yang saya tulis jelas-jelas diatas tidak MUTLAK. Sekarang ada facebook, twitter, mobile applikasi. Banyak hal terjadi di tahun 2000an yang mengubah cara orang mencari informasi. Tetapi search engine masih memegang PERAN PENTING. Lihat saja google tambah GENDUT/KAYA khan??


Nah, kalau toko kita tidak ada yang berkunjung bagaimana mau dapat pembeli. Tidak ada calon pembeli berarti tidak ada PITI. BANGKRUT tinggal menunggu waktu saja. No traffic is terrible trouble.

Sehingga kalau ingin membuat web yang bersifat komersial, harus direncanakan bagaiman bisa tampil di halaman search engine untuk kata kunci yang di bidik. Resepnya??  Saya juga belum tahu....

Tapi denger-denger.. Jika kita punya barang kualitas bagus, orang akan datang. Jika isi atau konten web kita baik dan berguna, maka search engine akan menyukainya.

Tapi saya analogikan, persaingan di mesin pencari bisa juga bisa seperti (maaf) persaingan pemilihan wakil rakyat. Jika rakyat banyak yang pilih, maka jadi juga WAKIL RAKYAT. Apakah semua wakil rakyat di sana baik dan berkualitas??? Saya tidak bisa jawab.

Metodenya untuk jadi wakil rakyat?? :-)

Maksud saya, hal ini berkaitan dengan tautan-tautan dari web kita. Jika tautannya OK, banyak yang merekomendasi, apalagi yang merekomendasi yang TOP-TOP maka bisa juga jadi wakil di mesin pencari / search engine. 

Metodenya untuk jadi wakil rakyat di search engine?? itu saya betul-betul masih newbie dan cupu. Tapi harus tetap TEKUN dan SEMANGAT !!!. Kesimpulannya? menurut saya, masih penting untuk tampil di halaman pertama search engine jika ada tujuan komersialnya. Agar memperbesar peluang trafik orang mengunjungi web kita. Ingat piramida. 100 datang, yang beli mungkin hanya 5, yang menjadi pelanggan hanya 1. Pulang dulu ah.. maen tenis dulu wkwkwkk

1 komentar:

ali febriyanto mengatakan...

Salam kenal, bagus banget tulisan anda, saya sangat senang membacanya, yah, walaupun saya bisa mendarat di blog sampean untuk kata kunci yang tidak relevan dengan blog anda, but, i like to read and enjoy your post, saya tunggu update artikel anda

Posting Komentar